PG PAUD Unila Adakan Seminar Penerapan Teori Belajar Dalam Pembelajaran AUD

Mahasiswa PG PAUD Unila Angkatan 2022 menyelenggarakan seminar penerapan teori belajar dalam pembelajaran anak usia dini (Rabu, 14/06) di akhir masa perkuliahan. Seminar ini dilakukan sebagai bentuk penguatan mahasiswa untuk menutup perkuliahan terutama untuk mata kuliah – mata kuliah yang sifatnya teoritis. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pekan ilmiah mahasiswa dan merupakan pertemuan ilmiah yang dipersiapkan oleh mahasiswa PG PAUD angkatan 2022. 

Seminar ini dibuka oleh Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Unila, Bapak Dr. Muhammad Nurwahidin, M.Si. Selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa PG PAUD FKIP Unila angkatan 2022, seminar ini juga dihadiri oleh seluruh dosen PG PAUD FKIP Unila. Pada seminar ini, mahasiswa memaparkan teori-teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa saling melakukan tanya jawab mengenai materi yang dipaparkan. Kemudian pemaparan dikuatkan oleh pembicara kunci, Prof. Dr. Een Y. Haenilah, M.Pd yang menyampaikan mengenai aplikasi teori-teori belajar dalam pembelajaran di PAUD. Beliau mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penyelenggaraan seminar ini.

Menurut Prof. Dr. Een Y. Haenilah, M.Pd yang juga salah satu dosen pengampu Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di PG PAUD, seminar ini dapat menjadi evaluasi bagi dosen mengenai proses pembelajaran di ruang kelas dan penguatan target capaian pembelajaran yang dilakukan di kelas. “Seminar ini dapat menjadi langkah konfirmasi sekaligus penguatan target capaian sebagai bentuk pertanggungjawaban dosen” Ujarnya.  Seminar ini diharapkan dapat menjadi budaya dan pembiasaan bagi mahasiswa untuk bersikap ilmiah agar terbiasa untuk berpikir kritis dan dapat menerapkan konsep serta teori yang didapatkan di ruang kelas.